Guilty

Hari ini ceritanya aku sama suami bangun kesiangan. Jam 6 baru bangun! Ini karena semalaman si kecil bangun dan ngajak main! Pertama dia bangun jam 11-an setelah si kaka mengigau n nangis2. Suami yang nenangin si kaka. Aku berusaha menidurkan lagi si kecil dengan menyusuinya. Tapi apa yang terjadi? Si kecil matanya malah tambah bulat n  besar. Minta aku bangun dan keluar dari kamar dan mengajak bermain. Intinya sampai jam setengah dua dia belum menunjukkan tanda-tanda mengantuk..Berhubung aku sudah tidak sabar, aku ‘paksa’ ajak bobo, matiin lampu kamar..tapi yang ada si kecil malah nangis2..akhirnya si bapak bangun dan gantian ngajak main si kecil..’thanks God’

Jadilah kami berdua bangun kesiangan.. bunyi alarm ga ada yang mempan! Kalo kesiangan gini pasti efeknya kita semua jadi buru2 dan terlambat. Setelah sholat subuh yang kesiangan, aku langsung menyiapkan peralatan ‘perang’.. nengok isi kulkas.. hm.. goreng ikan & tahu, bikin sayur sop.. wortel, buncis,kembang kol, bawang merah..dll. Si kaka juga sudah bangun, dan langsung nonton tv–kebiasaan baru yang lg bikin pusing:(.. Si kecil bangun dan nyusul aku ke dapur. Jadilah aku memasak sambil ‘direcoki’ si kecil.  Aku tengok si bapak dah tidur lagi.

Setengah 7 aku minta tolong Amel buat mandiin anak2..Amel laporan klo si kaka ga mau mandi..huaa… akhirnya baru selesai masak jam 7 kurang 10,bangunin si bapak minta tolong mandiin anak2.. aku sendiri masih sibuk menyiapkan sarapan dan bekal roti buat si kaka.
Setelah anak2 mandi, gantian aku yang mandi dan si bapak nyuapin  kaka sarapan. Abis itu si bapak mandi n aku masih sibuk makein baju seragam si kaka.. kalo hari senen kan pake tangan panjang n rompi. Beberapa saat kemudian si kaka bilang pengen ‘pup’.. hoalah.. akhirnya bongkar lagi seragamnya, buka celana sama rompi, bajunya digulung keatas biar ga basah..sambil pesen ke si kaka ‘ Ka, jangan maen aer ya. nanti seragamnya basah, klo udah selesai panggil ibu’

Beberapa menit kemudian, si kaka teriak bilang udah selesai. Pas aku masuk ke kamar mandi, tangannya lagi nyemplung sedikit ke bak sambil mainin air yang mengakibatkan ujung tangannya basah..Berhubung lagi dikejer waktu, jam udah hampir stgh 8, tanganku spontan ‘ngejitak’  kepala si kaka sambil marah2 ‘Kaka, tadi kan ibu udah bilang jangan maen air, tadi kaka denger ga? tuh kan tangannya basah..’
Si kaka langsung terdiam. Setelah aku tenang sedikit, aku jelasin. ‘Kan seragam tangan panjang kaka cuman ada satu, kalau basah ga ada gantinya’, dia malah menjawab ‘ Kalau ada dua ga pa2 ya bu’ aku jawab ‘Ya tetep aja ga boleh’

Sesaat setelah kejadian itu, di perjalanan mengantar si kaka.. aku dihinggap perasaan bersalah.. Kenapa tadi harus emosi, meninggikan suara dan menjitak kepala si kaka.. meskipun jitakan aku ga kenceng , secara fisik mungkin tidak menyakitkan, tapi aku takut sekali akan meninggalkan bekas di jiwa nya.. Apalagi mengingat tatapan matanya setelah aku marahin..Setelah dipikir2, si kaka memang senang sekali yang namanya maen aer dan berenang.. ya wajar mungkin dia ga tahan godaan.. toh bajunya juga cuma sedikit yang basah, menunjukkan klo dia mungkin sudah hati2 .. Maafin ibu ya Ka!

Semoga lain kali aku bisa lebih bersabar menghadapi anak-anakku.. They are my everyting!!

To hanif (4years & 10m), hamizan (22m)  ‘I love you’

Advertisements

Super MOM

I wish a I can be a Super MOM.

Going to work, but yet can manage everything the whole family(esp.kids)  needs.

Sometimes you wondered..If you go through a different path,  will things turn out differently..

Will it be better or not..

 

Reminder

Why do we read
Quran, even if we can’t understand a single Arabic word???? This is a
beautiful story.
An old American Muslim lived on a farm in the mountains of eastern
Kentucky
with his young grandson. Each morning Grandpa was up early sitting at
the
kitchen table reading his Quran. His grandson wanted to be just like
him and tried to imitate him in every way he could.

One day the grandson asked, ‘Grandpa! I try to read the Quran just like
you but I don’t understand it, and what I do understand I forget as soon
as I close the book. What good does reading the Qur’an do?’

The Grandfather quietly turned from putting coal in the stove and
replied,
‘Take this coal basket down to the river and bring me back a basket of
water.’

The boy did as he was told, but all the water leaked out before he got
back to the house.
The grandfather laughed and said, ‘You’ll have to move
a little faster next time,’ and sent him back to the river with the
basket
to try again. This time the boy ran faster, but again the basket was
empty
before he returned home. Out of breath, he told his grandfather that it
was impossible to carry water in a basket, and he went to get a bucket
instead.

The old man said, ‘I don’t want a bucket of water; I want a basket of
water.
You’re just not trying hard enough,’ and he went out the door to watch
the boy try again.

At this point, the boy knew it was impossible, but he wanted to show his
grandfather that even if he ran as fast as he could, the water would
leak
out before he got back to the house. The boy again dipped the basket
into
river and ran hard, but when he reached his grandfather the basket
was again empty. Out of breath, he said, ‘See Grandpa, it’s useless!’

‘So you think it is useless?’ The old man said, ‘Look at the basket.’

The boy looked at the basket and for the first time realized that the
basket
was different. It had been transformed from a dirty old coal basket and
was now clean, inside and out.

‘Son, that’s what happens when you read the Qur’an. You might not
understand
or remember everything, but when you read it, you will be changed,
inside
and out. That is the work of Allah in our lives.’

Kapan..

Kapan beli rumahnya??

Frase (or kalimat atau pertanyaan yah?) yang akhir2 ini sering terlontar..

Hm.. kapan yah?Makanya :

– Jangan keseringan jalan2, apalagi keluar kota terus nginep di hotel 😦

– Jangan beli barang2 mahal yang ga dibutuhkan

– Jangan keseringan makan di luar..

Anything else?

Usaha :

– Cari kerjaan yang lebih gede gajinya 😛 Yang ini masih belum dicoba. Udah berada di comfort zone nih:(

– Cari project luar. Ayo yang punya project bagi2 dong.. Gue bisa php, asp.net, mysql,etc.. hihi.. jadi promosi

– Cari pasif income.. Ayo dong bagi2 tipsnya..

Udah ah, cuman iseng doang pengen nulis.. lagi ga ada kerjaan nih..

Trigger in Postgre

I am recently using postgre, the documentation is very helpful. But I stil need to post this trigger syntax for my documentation 🙂 In postgre, you have to make a procedure (function) first before the trigger. Then in your trigger, you call that procedure. Here’s the example:

CREATE OR REPLACE FUNCTION air.shipmentno_update()
RETURNS “trigger” AS

BEGIN
IF(NEW.shipment_id!=OLD.shipment_id) then

UPDATE air.a_log_transaksi SET transaksi_id = NEW.shipment_id
WHERE  status_aktif=1 and transaksi_id = OLD.shipment_id;
END IF;
RETURN new;
END;

LANGUAGE ‘plpgsql’ VOLATILE;
CREATE TRIGGER shipmentno_trigger
AFTER UPDATE
ON air.a_shipment
FOR EACH ROW
EXECUTE PROCEDURE air.shipmentno_update();

The function of trigger above is to update the shipment_id in the a_log_transaksi table when the shipment_id in the table shipment changes.

An example of a procedure which had a loop through query result :

CREATE OR REPLACE FUNCTION air.shipmentno_delete()
RETURNS “trigger” AS

DECLARE
cargo RECORD;

BEGIN

UPDATE air.a_log_transaksi SET status_aktif=2
WHERE transaksi_id = OLD.shipment_id;

FOR cargo IN SELECT * FROM air.a_cargo where shipment_id=OLD.shipment_id
LOOP
UPDATE air.a_log_transaksi SET status_aktif=2 WHERE  tabel=a_cargo and transaksi_id =cargo.cargo_id;
END LOOP;

RETURN OLD;
END;

LANGUAGE ‘plpgsql’ VOLATILE;

and the trigger is :
CREATE TRIGGER shipmentnodelete_trigger
AFTER DELETE
ON air.a_shipment
FOR EACH ROW
EXECUTE PROCEDURE air.shipmentno_delete();

Well, that’s all for know. Hope this post help you in any kind of way, at least it would help myself in the future:)

Array Multisort

Hm, berawal dari kerjaan kantor nih.. Karena pake mysql, querynya ga bisa join ke banyak tabel.. jadi hang gitu.. akhirnya diutak atik pake array.. Nah, datanya mau ditampilkan berdasarkan urutan tertentu. Misalnya dosen yang kelebihan sks, atau kekurangan sks, terus by NIP. Kalo query sih gampang, tinggal pake order by a, b, etc.

Ternyata di php ada fungsi array_multisort! Jadi prosedurnya begini:

1. Simpan data di array 2 dimensi , mis namanya $alldata.

$alldata[]=array(“nip”=>$nip,”nama”=>$nama,”selisihsks”=>$selisih)

2. Tentukan mau di order by apa, terus buat array untuk field tersebut. contohnya :

foreach ($alldata as $key => $row) {
$nip_arr[$key] = $row[‘nip’]; // untuk urut by NIP
$selisihsks_arr[$key] = $row[‘selisihsks’];
}

3. sort array : data akan disort berdsarkan kekurangan sks yang terbanyak, lalu by NIP.

array_multisort($selisihsks_arr, SORT_DESC, $nip_arr, SORT_ASC, $alldata);

4. done 🙂

Kakek tua

Sejak kerja di FE, gue ke kantor pasti lewat kober alias stasiun UI. Jaman kuliah mah jarang lewat sini, turunnya di gang damai.. terus jalan nembus fak hukum, baru deh nyampe ke kampus. Ok, jadi ceritanya udah beberapa bulan ini, udah mayan lama sih.. gue melihat pengemis itu, sang kakek tua yang maen suling.. Dulu pernah denger aja ceritanya dari kakak gue. Jadi gue pun lumayan langganan ngasih kakek tua itu, dibanding pengemis lainnya yang berjejer di jalan kober, kakek tua ini gue pikir masih ada usahanya lah. Tapi.. tadi pagi gue menemukan sedikit kenyataan yang membuat hati gue agak gundah… Si kakek merokok! What? Kaget dan sedih dong gue.. di usianya yang udah lanjut itu, kesehatan kan perlu diperhatikan dengan seksama.. belum lagi jadi mikir.. kok masih sanggup beli rokok yah? apa ga mending dipake uangnya buat hal lain yang lebih penting gitu.. such as makan? Bokap pernah ngomong kalo mengemis itu diperbolehkan, tapi emang buat makan dan buat hari itu aja..

Jadi inget tukang urut langganan, kalo yang ini nenek2.. gw manggilnya mbah.. nah mbah ini kalo ditawarin makan ga pernah mau, karena katanya makanan dia itu rokok.. nah loh.. rokok kok jadi makanan pokok:( tapi alhamdulillah mbah sudah berhenti rokoknya, karena sempet dirawat di rs.. hm.. harus begitu kah? nunggu sakit dulu? bukannya udah jelas yah kalo rokok itu ujung2nya penyakit..

Yah, semoga saat gue udah tua nanti.. nasib gue bisa lebih baik dari mereka.. kalo memang gw bisa sampe setua mereka ..

sakit

dari hari sabtu malem udah kerasa perut ga enak.. hari minggunya awalnya rada-rada perih, terus mual2.. sampe sore muntah2 juga akhirnya.. rada meriang, sampe minta dikerokin..badan rasanya lemes banget, bawaanya pengen tiduran aja.. ga napsu makan.. ga ngerti juga kenapa, sempet curiga sama somay or keripik balado.. tp kok sakitnya kyk sakit maagh, kata uda asam lambungnya tinggi.. padahal seingat gw ga telat makan.. apa karena seminggu belakangan kurang tidur ya, gara2 hanif bangun jam 1 malem terus susah tidur lagi:( ngga ngerti juga…. tadi subuh dah feel better.. makanya hari ini daku masuk kerja.. tp skrg rada2 mual lagi.. hiiks..

Paging oracle

Akhirnya nerapin paging beneran di aplikasi buat serba antik. Jadi, awalnya penasaran juga, kok kalo nampilin data lama banget utk data lebih dari 10rb.. padahal kyknya dah pake paging.. teliti lebih lanjut, trnyata pagingnya cuman buat nampilin data aja, querynya sama sekali belum pake paging:( beginilah kalo belajar php otodidak, contek sana sini.. ternyata yang dicontek salah:( langsung deh ngadu ke om google.. dapet beberapa link.. yang gue pake http://www.oracle.com/technology/pub/articles/oracle_php_cookbook/fuecks_paged.html
copy-paste (like usuall), terus edit dikit2 di bagian url-nya, fungsi draw_pager.. whuala.. berhasil:)

thank you for the author Harry Fuecks 😀

kalo mo liat dibawah ini contoh halaman yang udah pake paging :

paging oracle